Pengembangan Sistem KPI (Key Performance Indikator)

Barusan (November 201) Direktorat ICT UMBY selesai mengembangan sistem infomasi untuk KPI (Key Performance Indikator) untuk Dosen, Tendik (tenaga kependiikan) dan pejabat Struktural di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Sistem ini dirancang untuk mengukur KPI dari masing masing staf sesuai dengan posisinya sebagai apa. 

Sistem-sistem seperti ini diperlukan Universitas untuk mengukur kinerja pegawai (staff ataupun dosen) dari waktu ke waktu. Diberbagai intitusi hasil dari kinerja biasanya diwujudkan dalam “bonus” yang bisa diperoleh jika mencapai kinerja yang ditentukan.

Di KPI ini Pengguna bisa mengisi sesuai dengan kinerja yang telah dia kerjakan selama 1 semester, hasil dari isian ini adan di nilai (verifikasi oleh) Asesor1 dan asesor2. Nilai gabungan ini yang akan menjadi Nilai akhir dari KPI sesesorang.  Sistem ini dibuat berdasarkan indikator yang telah ditentukan oleh Universitas /kampus.

Berikut ini contoh komponen INDIKATOR KPI Dosen, masing-miasng komponen indikator memilik berbagai pertanyaan dan nilai indikator.

A. Tridharma Perguruan Tinggi ( Bobot 50%)

  1. Pendidikan dan pengajaran
  2. Penelitian dan publikasi
  3. Pengabdian dan publikasi
  4. Penunjang

B. Prestasi Diri (Bobot 35%) 
C. Perilaku ( DP3 ) (Bobot 15%) 

 

Sistem ini dikembangkan berbasis web senhinga bisa diakses dengan mudah dari mana saja dan menggunakan perangkat laptop dan Smartphone (HP) karena sduah mobile friendly.

Sistem Informasi KPI UMBY bsia diakses disini http://kpi.mercubuana-yogya.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *