Kutipan dari berbagai Media, Tugas Menteri Pendidikan Kabinet Jokowi II

Era Pemerintahan Jokowi yang kedua Pendidikan Tinggi kembali ke Kementrian pendidikan setelah sebelumnya dipisahkan antara Pendikan Dasar (Kemendikbud) dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti). Sekadar informasi, Nadiem Makarim menggantikan Muhadjir Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Mendikbud. Nadiem Makarim merupakan pendiri/Bos Gojek dan telah mengundurkan diri dari posisinya di Gojek per hari Senin, 21 Oktober 2019.

Di antara deretan para menteri baru Jokowi, Nadiem Makarim berusia paling muda. Tahun ini, Nadiem berusia 35 tahun. Kalau bukan dunia pendidikan, Nadiem mengatakan dia mungkin tidak akan bergabung ke pemerintahan. Tantangan Kemendikbud akan luar biasa karena digabung kembali dengan pendidikan tinggi (Dikti), namun artinya strateginya bisa lebih terpadu. (detik)

Jokowi menyebutkan Nadiem bertugas :

  • Membuat terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM. (detik)
  • Siapkan SDM yang siap kerja
  • SDM yang link and match pendidikan ke Industri ( Dia juga ditugasi mencocokkan antara pendidikan dan industri ( cnbcindonesia.com)
  • Kemampuan dasar anak-anak Indonesia harus terus dibangun, mulai dari pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. Terutama untuk meningkatkan kemampuan literasi, matematika, dan sains, sehingga menjadi pijakan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi ( cnbcindonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *