Fitur Aplikasi Hoax Buster Tool

Rakernas MAFINDO di Borobudur Magelang 10-11 Februari 2018 Juga sebagai peluncuran aplikasi Hoax Buster Tool (HBT), sebuah aplikasi yang dikermbangkan oleh MAFINDO untuk memberikan edukasi dan memabnatu masyarakat memberkana mana yang HOAX atau bukan. HBT membantu untuk dengan mudah memeriksa kebenaran dari informasi – artikel, gambar, video, dll.

 

Aplikasi ini dikembangkan karena keprihatina terhadap semakim maraknya bentuk HOAX yang beragam. Sudah jelas pelaku penyebaran HOAX bisa terkena pasal pelanggaran dan sudah cukup banyak pelaku yang bisa di tangkap. HBT menjadi aplikasi terbaru yang dicetuskan oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).

Aplikasi tersebut diluncurkan dan resmikan oleh Menkominfo pada 12 Januari 2018 lalu. Pengguna android bisa langsung download secara gratis aplikasi tersebut baik lewat Google Store. Indonesia damai tanpa HOAX.

Fitur Aplikasi

Aplikasi ini bisa didownlaod secara gratis di https://play.google.com/store/apps/details?id=irfan.hoaxbustertools

Fitur dari Aplikasi ini :

  1. Fitur Lapor HOAX (report HOAX) dalam bentuk tulisan atau gambar, lapor hoax akan mengirimkan laporan ke email lapor@turnbackhoax.id
  2. Pencarian (Search Tool) menggunakan 3 engine belum digabungkan yaitu : ASE – Anti Hoax Seach Engine (Google), Google Search serta Searching dari turnbackhoax.id
  3. Analisa terhadap Foto menggunakan : Google search Image, Izitru dan JIMF (Jeffrey Image Metadata Viewer)
  4. Analisis Social media : Analsia Akun twitter dengan Follow.me dan Cek akun Facebook dengan Graph.tips
  5. Video Search : Geoseach, USA Amnesty International (Youtueb data Viewer) dan Cek Video frame demi frame (WatchFramebyFrame.com)
  6. People tool fitr untuk mencari “seseorang” dari Nama, Email, No telp dan lainnya dengan menggunakan pipl.com, peek You, Spokeo dan PeoplefinderThor.

Hampir semua Tool ini sebenarnya bisa diakses di masing-masing penyedia. HBT mempermudah merangkum semua tool yang ada tersebebut menjadi satu.

editor1: