Etika Mahasiswa menghubungi Dosen

Haii Mahasiswa.. Saya dulu juga pernah jadi mahasiswa, jadi pernah rasakan saat jadi mahasiswa. Namun kemanjuan teknologi saat itu belum semudah sekarang, saat ini bisa serba kilat dan serba singkat. Saat ini saya sebagai dosen, hanya kasih saran dan sedikit unggah ungguh (jawa) / Tata krama bagaimana sebaiknya jika menghubungi dosen.

Dosen Juga manusia, pasti dia pernah jadi mahasiswa. Tidak semua dosen memiliki karakteristif dan sifat yang sama, sebagai manusia hubungan baik dan sopan, hormat juga perlu dijaga. Ini beberapa kasus yang biasanya temen-teman mahasiswa lakukan selama /diantara sela-sela masa kuliah menghubungi Dosen.

Beberapa kampus bahkan memasang banner etika cara berkomunikasi di media sosial yang baik, benar dan juga sopan.

Mendapatkan Kontak / Dosen

Pada umumnya diawal kuliah dosen akan menyampaikan bagaimana dia bisa di kontak /dihubungi jika ada pertanyaan terkait dengan perkuliahan. Ingat ya perkuliahan bukan masalah pribadi :). Jika memang tidak disampaikan mahasiswa berhak bertanya, Pak/Bu bagaimana cara kami menghubungi bpk/Ibu, diluar jam kuliah apa diperkenankan?

Pada umumnya dosen sekarang tidak menolak untuk memberikan kontak person yang bersangkutan, hanya beberapa dosen “langka” saja yang tidak mau diminta minta kontak personnya :D. Jangan tunda, segera Simpan Kontak yang telah diberikan di HP kalian, sekali lagi jangan tunda. Suatu waktu kalian akan membutuhkan kontak ini.

Menghubungi (kontak) dosen pertama kali

Baru pertama kali menghubungi dosen? Bagi orang lain, dianggap sebagai Nomor asing (Nomor asing adalaha nomor baru belum tersimpan). Jangan berharap dosen sudah punya nomor kamu dan menyimpan di HP. Jadi perkenalkan diri kamu dengan bahasa yang sopan, misalkan “Saya Pandji mahasiswa Elektro, mau menanyakan perihal Tugas kuliah…… karena minggu kermarin saya tidak masuk dan saya belum dapat pembagian kelompok. terima kasih

Cara mengkontak Dosen

Media apa yang dibuka oleh dosen untuk berkomunikasi apakah SMS, WA, email, telp atau yang lain. Bisanya ini akan disampaikan di awal perkuliahan dosen. Jika saat itu kamu tidak masuk, cari informasi dari teman kamu dulu.

Saat ini sebagian besar dosen lebih senang jika dihubungi dengan media pesan seperti WA / SMS sebaiknya tidak menelpon jika memang tidak urgent sekali atau tidak janjian/ mengkontak sebelumnya. Ingat ya urgent kamu, tidak selalu sama artinya dengan urget-nya orang lain. Kirim pesan pastikan pesan sampai, HP kamu bisa menerima jawaban juga. Tunggulah dengan penuh kesabaran jika pesan kamu tidak segera di balas. Bisa jadi soerang dosen akan slow respon jika sudah diluar jam kerja atau slow respon pada berbagai kondisi yang lain. 🙂

Tata Krama Komunikasi

Bagaimana tatakrama Komunikasi yang baik? Berikut ini contoh rangkungan tatakrama yang baik yang tuangkan dalam Surat edaran untuk mahasiswa di kampus Mercu Buana Yogya. Etika /tata krama pengiriman pesan di media sosial kepada dosen/tenaga kependidikan :

  1. Perhatikan waktu pengiriman pesan sebaiknya pada hari dan jam kerja.
  2. Gunakan bahasa yang baik dan benar dan mudah dipahami, hindari bahasa gaul (alay)
  3. Mulailan dengan Sapaan : Selamat…. atau Salam
  4. Cantumkan Identitas bisa diawal /akhir pesan
  5. Tulis secara singkat keperluan
  6. Ucapkan kata maaf untuk menjukan kerendahan hati (bentuk penghormatan atas waktu yang diberikan)
  7. Akhir dengan ucapan terima kasih

Ijin dan sejenisnya

Mekanisme ijin tidak ikut kuliah tiap kampus bis jadi beda, anda mesti tahu hal ini. Misalkan hal-hal apa saja yang boleh / tidak boleh sebagai “hal ijin tidak ikut kuliah”. Selain utu batasan ijin tidak ikut kuliah juga biasanya dibatasi misalkan wajib hadir minimal 75%. Ijin tidak ikut kuliah misalkan karena : sakit, kelugarga meninggal, acara-acara penugasan dari kampus/lembaga, dll.

Resminya sebaiknya ijin disampaikan secara tertulis atau dalam bentuk softcopy (jika memang diperbolehkan). Dalam keadaan darurat yang tidak direncana namun bisa dimaklumi tidak salah jika menyampaikan ijin lewat media yang dibuka oleh dosen.

Menghubungi Dosen yang belum pernah ketemu atau dapat kontak Dosen dari teman

Adakala mahasiswa dapat kontak dosen dari orang lain, jika ingin menghubungi sebaiknay sampaikan juga referensi awal misalnya “mohon maaf Pak, saya mendapatkan kontak ini dari …… “. Pastikan juga anda sebagai orang yang mau menghubungi paham / mengetahui dosen yang bersangkutan sehingga bisa menggunakan sapaan yang sesuai.

Hal lain yang akan kelihatan

Hal lain yang akan kelihatan saat adalah Photo Profile kamu, maka sebaiknya gunakan photo profile yang sopan dan sesuai. Sengaja taua tidak ketika pesan disosial media terbaca maka PP kamu juga akan nampak.

Penutup

Tulisan ini hanya sharing saja, tidak ada maksud apa-apa. Sekali lagi dosen hanya manusia jika saya menjumpai pesan yang saya anggap mengelitik (tidak biasa) saya tanggapi dengan senyum saja. hehehe… Tapi ingat ya tidak semua dosen memiliki gaya dan style yang sama. Berlaku sopan dan hormat sebaiknya tetap dijaga, jika anda sudah sangat akrab dengan dosen mungkin bahasanya bisa saja lebih santai dan gaul. Selamat berkomunikasi ya, moga-moga status mahasiswa segera habis dan lulus 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *